Kamis, 16 Februari 2012

Tekhnik Perbaikan Printer

Beberapa masalah yang sering terjadi pada printer di antaranya adalah:

Tulisan terputus-putus
Catridge bocor
Tinta warna tidak sempurna
Suara printer terlalu nyaring
Memprint terlalu lama
Tinta warna cepat beku
Permasalahan-permasalahan tersebut di atas memang selalu membikin repot bagi pengguna printer, apalagi bagi mereka yang memanfaatkan printernya itu untuk mencetak foto. Kesempurnaan Kwalitas warna sangat diutamakan. Masalah-masalah seperti ini tidaklah sulit untuk mengatasinya bagi mereka yang sudah tahu cara perawatan dan tekhnik memperbaiki printer tersebut.
Sekedar berbagi, berikut adalah beberapa tekhnik perbaikan printer sesuai dengan permasalahan yang ditimbulkannya.

Tulisan terputus-putus

Hal ini bisa diakibatkan oleh dua macam. Yang pertama adalah disebabkan tinta printer sudah mulai habis. Yang kedua karena tinta pada permukaan lubang catridge membeku. Lebih parahnya lagi juga bisa mengakibatkan printer tidak dapat mengeluarkan tinta sama sekali. Untuk mengatasi permasalahan yang kedua itu bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Klik file – print – properties – Maintenance – cleaning. Lakukanlah hal ini beberapa kali. Setelah itu cek hasil cleaning tadi dengan cara klik Nozzle check. Apabila timbul garis yang tidak terputus-putus seperti contoh yang akan diberikan oleh software sebagai perbandingan hasilnya berarti anda telah berhasil memperbaiki masalah printer anda. Apabila hal ini tidak begitu berhasil, lakukan deep cleaning dengan cara mengklik deep cleaning. Deep cleaning dan cleaning berfungsi untuk memompa keluar tinta pada permukaan lubang catridge. Oleh sebab itu apabila anda melakukan ini maka otomatis tinta akan cepat habis. Jadi lakukanlah seperlunya saja.
2. Apabila tekhnk di atas tidak berhasil juga ada cara lain yang bisa anda lakukan: Buka penutup printer dan ambil catridgenya. Rendam bagian bawah catridge ke dalam air panas untuk beberapa lama. Biarkan tinta yang keluar dari lobang catridge menggenangi mangkuk. Hal ini akan mencairkan tinta printer yang membeku tadi. Setelah beberapa saat keringkan bagian bawah catridge dengan menggunakan tisu. Silakan lakukan pengisian ulang tinta karena tadi telah banyak keluar dan larut bersama air. Bila perlu kuras dulu tinta dalam catridge dengan menggunakan jarum suntik. Hal ini bisa dilakukan karena biasanya tinta dalam catridge itu telah kemasukan air sehingga warna yang dikeluarkan tidak maksimal. Setelah itu pasang kembali catrige ke dalam printer.
3. Selesai
Mmmhh… Untuk permasalahan priter lainnya seperti Catridge bocor, tinta warna tidak sempurna dll Insya Allah akan saya tulis pada postingan selanjutnya aja, deh….



Memperbaiki Tinta Printer, Cara Me-Reset Printer Canon IP 1980
Bagaimana memperbaiki tinta printer yang meluber? Adakalanya tinta printer yang menggunakan botol infus, tintanya terus saja meluber alias mengalir walaupun tidak sedang digunakan. Terima kasih kepada saudara Robi Ansyah yang menyampaikan keluhan mengenai masalah ini. Untuk mengatasi tinta meluber ada beberapa cara yang ditempuh oleh teknisi komputer maupun oleh user biasa. Pada kesempatan ini saya akan sharing juga mengenai cara reset printer Canon 1980 menurut pengalaman saya sendiri….. dan ini bisa berbeda dengan pengalaman Anda. Jika ada pengalaman lain, silakan komentar dibagian akhir artikel ini.

Oke… langsung saja, untuk mengatasi tinta yang meluber lakukan cara-cara dibawah ini (dalam contoh ini saya menggunakan kasus pada printer Canon yang menggunakan infus);
1. Untuk perbaikan (jika sudah meluber terlalu banyak) Anda bisa membuka printernya dan bersihkan sisa-sisa tinta tersebut. Jangan takut membukanya asalkan anda perhatikan setiap alat yang dibuka (mis sekrup harus dicatat dimana posisinya).
2. Setiap infus tinta biasanya bagian atas terdiri dari 2 lubang besar dan kecil (contoh pada infus printer Canon). Usahakan ketika tidak dipakai kedua lubang tersebut ditutup dengan rapat sehingga tdk ada udara yang masuk yg menyebabkan tinta meluber. Lubang kecil dibuka hanya ketika sedang ngeprint dan lubang besar dibuka hanya ketika sedang mengisi tinta.
3. Jika printer sedang tidak digunakan usahakan posisi botol infus harus sejajar dengan printer dan botol tersebut tdk boleh diletakkan di tempat yg lebih tinggi daripada catridge printer agar tdk timbul tekanan menuju catridge sehingga tinta meluber.
4. Setiap printer yg menggunakan botol infus (utk yg model lama) harus digunakan utk ngeprint paling sedikit 1 lembar 1 hari. Ini bertujuan utk pembersihan catridge.
Tetapi printer saya selalu ditolak oleh komputer. Menurut komputer tinta masih kosong (jadi mogok kerja) padahal tinta baru saja diisi sampai penuh. Bagaimana jalan keluarnya? Jalan keluarnya adalah melakukan reset ulang printer tersebut agar dikenali oleh komputer sebagai printer yang baru saja dibeli.
Dalam contoh ini saya mereset printer Canon IP 1980, printer lain belum saya coba. Cara bagaimana agar printer setelah di-refill tetap tidak terbaca. Lakukan langkah-langkah ini:
Cara Singkat;
1. Dalam keadaan printer nyala, tekan terus tombol Resume selama 1 – 2 menit
2. Setelah itu, buka penutup printer
3. Lepaskan catridge dan kemudian pasang kembali
4. Tutup Cover printer
5. Mematikan printer
6. Turn On lagi printer dan lihat hasilnya apakah Anda sukses.
Cara Panjang;
1. Matikan printer, putuskan hubungan listrik dengan mencabut kabelnya dari stop kontak, kemudian cabut kabel USB printer dari komputer.
2. Tunggu sekitar 25 detik.
3. Masih dengan kabel listrik tidak terpasang (tidak tercolok ke listrik) dan kabel USB tidak tersambung ke komputer atau laptop , tekan dan tahan tombol power sekitar 5 detik dengan dengan salah satu jari Anda.
4. Tetap tekan tombol power, lalu dengan tangan satunya pasang kabel listrik printer. Biasanya lampu power akan menyala warna hijau (tidak kedap-kedip.
5. Tetap tahan tombol power sambil tekan juga tombol resume disebelahnya sebanyak dua kali dan pada tekanan keduan Anda tahan sehingga lampu hijau akan berganti menjadi hijau-orange-hijau.
6. Setelah itu, lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan tunggu hingga printer hingga sampai pada keadaan ready (ditunjukkan dengan lampu hijau menyala tidak putus-putus)
7. Anda harus menghapus (uninstall) driver printer bersangkutan dari komputer.
8. Setelah uninstall, hubungkan printer ke komputer.
9. Komputer akan menlakukan auto-detect printer anda sebagai printer baru.
10. Selanjutnya silakan install kembali driver printer Anda. Ini dimaksudkan agar komputer mengenali printer tersebut sebagai printer baru.
11. Jika proses install selesa maka harapan saya adalah masalah printer Anda akan terselesaikan. Silakan ujicoba printer Anda dengan test print.
CATATAN :
1. Agar kasus printer penuh tinta ditolak komputer tidak terjadi lagi, isilah tinta sebelum tintanya benar-benar habis.
2. Dalam percobaan diatas, pada cara singkat saya gagal dua kali baru berhasil dan pada Cara panjang saya mengalami kegagalan satu kali barulah berhasil.
Silakan coba, semoga dua-duanya berhasil.
Kerusakan Printer dan Cara Memperbaikinya
00:50 Diposkan oleh tantoroni
Printer biasanya andal bahkan pada lingkungan yang paling sulit sekalipun, tetapi mereka tetap saja bisa bermasalah. Dan kita semua tahu bahwa printer tidak berfungsi pada saat yang paling tidak tepat. Sebagai seorang profesional TI, sangat penting untuk mengetahui cara memperbaiki masalah yang biasa terjadi dengan printer tersebut. Berikut adalah beberapa masalah yang biasanya terjadi pada printer HP dan saran untuk memperbaikinya.




Paper Jam
Paper jam merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi di setiap printer. Printer bisa mengalami paper jam karena: kotor, jenis kertas yang digunakan salah, atau roller yang menggerakkan kertas rusak. Meskipun membersihkan printer secara rutin dan menggunakan kertas yang benar merupakan solusi yang mudah, mengganti roller bisa jadi pekerjaan yang sulit bergantung pada model printer Anda. Pada beberapa model, roller mudah diakses, tapi pada model yang lain Anda harus membongkar semua untuk mengganti roller. Apapun penyebabnya, pada waktu terjadi paper jam, tarik
kertas searah dengan jalur keluar kertas karena jika ditarik ke belakang bisa merusak printer. Printer HP tertentu lebih rentan terhadap paper jam dibanding yang lain. Biasanya, printer yang menampung kertas secara vertikal sering mengalami paper jam. Printer model ini tidak didesain untuk pemakaian intensif, tetapi banyak organisasi yang menggunakan mareka pada sistem stand-alone dan harus waspada terhadap masalah ini.

Cetakan pada Kertas Kabur

Cetakan kabur biasanya terjadi karena salah satu kondisi berikut: toner/tinta printer sudah mulai habis, ketebalan cetak terlalu rendah, economode printing diaktifkan. Untuk dua kondisi terakhir Anda bisa melihatnya dari printer self-test (biasanya ada tombol terpisah pada printer). Jika economode diaktifkan, dan user mengeluh bahwa hasil cetak kabur, nonaktifkan dan/atau set ketebalan cetak lebih tinggi. Jika toner/tinta mulai habis, menggoyang-goyangkan cartridge supaya toner/tinta lebih merata bisa mengatasi masalah secara sementara sampai Anda mengganti cartridge.

Berbayang

Berbayang merupakan kondisi dimana gambar tercetak dengan baik, tapi ada gambar sama yang lebih terang yang juga tercetak. Ini bisa terjadi karena outlet listrik yang mensuplai listrik ke printer. Cek outlet listrik dengan menghubungkan printer lain untuk melihat apakah masalah yang sama muncul. Berbayang juga bisa disebabkan karena penggunaan spare part berkala yang hampir habis masa pakainya (misalnya drum atau imaging kit). Semua spare part berkala mempunyai masa pakai untuk sejumlah kertas tertentu. Begitu printer mencapai angka yang ditentukan, Anda harus mengganti spare part tersebut untuk menghilangkan bayangan.

Toner Luntur

Jika hasil cetak luntur pada waktu disentuh dengan tangan, ada beberapa kemungkinan yang penyebabnya. Pertama, fuser rusak atau hampir habis masa pakainya. Solusinya adalah dengan menggantinya. Memperbaiki fuser tidak dianjurkan karena fuser termasuk spare part berkala dan tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk memperbaikinya. Kedua, toner cartrigde mungkin rusak sehingga terlalu banyak toner yang keluar. Pada printer laser hitam-dan-putih, solusinya adalah dengan mengganti toner cartrigde. Pada printer laser warna, ganti cartrigde yang bermasalah. Ketiga, ada toner yang tumpah di printer. Jika ya, ada harus membersihkannya.

Kehilangan Driver untuk Operating System Tertentu

Begitu operating system baru dirilis, driver baru untuk printer eksisting juga akan dirilis. Namun, tidak semua printer mempunyai driver untuk setiap OS. Pada kasus ini, yang terbaik adalah mengacu ke manual printer dan cari driver apa yang bisa menyimulasikan printer eksisting. Meskipun tidak semua fungsi printer tersedia pada waktu simulasi, paling tidak masih bisa mencetak biasa. Sebagai contoh, sebagian besar printer HP masih bisa mencetak dengan driver HP LaserJet II, meskipun opsi tertentu, seperti duplexing, tidak akan bekerja.

Mencetak dari Paper Tray yang Salah

Lihat dua tempat untuk memperbaiki error ini. Pertama, lihat pada PC yang mencetak. Kedua, lihat printer. Jika aplikasi diset ke paper tray yang salah, Anda bisa memperbaikinya dari dalam aplikasi dengan mengklik Printer Properties dan cari opsi pemilihan tray. Pada printer, pastikan ukuran kertas di paper tray sudah cocok dengan yang di control panel.

Menarik Semua Kertas dari Tray

Jika printer menarik semua kertas dari tray (bukannya satu lembar), maka kemungkinan besar pad yang bertanggung jawab untuk memisahkan kertas sudah rusak dan perlu diganti. Anda bisa memesan dan menginstalasi pad baru tanpa harus mengirim printer ke tempat reparasi. Selain itu, bisa juga disebabkan karena kertas basah akibat kelembapan. Pastikan kertas tersimpan dengan baik dan kibas-kibaskan sebelum dimasukkan ke dalam printer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar